Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik di Pasar Modern Super Indo Kabupaten Gresik

Latifah, Anisa Nur (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik di Pasar Modern Super Indo Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademik.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran dan pengetahun masyarakat yang semakin meningkat terhadap pola hidup sehat, membuat masyarakat mulai beralih untuk mengkonsumsi sayuran organik. Namun, meskipun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang sayuran organik telah meningkat, tidak semua masyarakat beralih mengkonsumsi sayuran organik. Hal ini dikarenakan harga sayuran organik yang cukup mahal, sehingga perkembangan sayuran organik yang masih terbatas pada lapisan tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen sayuran organik dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik di pasar modern Kabupaten Gresik. Penelitian dilakukan di pasar modern Super Indo Kabupaten Gresik pada bulan Juni-Juli 2023. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin konsumen didominasi oleh perempuan dengan presentase 73%, usia konsumen didominasi oleh usia 26-33 tahun dengan presentase 33%, pendidikan terakhir konsumen didominasi oleh S1 dengan presentase 47%, pekerjaan konsumen didominasi oleh IRT dengan presentase 48%, pendapatan konsumen didominasi pada rentang pendapatan Rp.3.000.000-4.999.999 dengan presentase 48%, frekuensi pembelian sayuran organik adalah sering dengan presentase 49%, jenis sayuran organik yang sering dikonsumsi adalah kangkung dengan presentase 24%. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa : (1)secara simultan variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan, gaya hidup dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2)secara parsial variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Keputusan Pembelian, Pasar Modern, Sayuran Organik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Pasar Modern, Sayuran Organik
Subjects: Agriculture
Agriculture > Agrotechnology
Divisions: Faculty of Agriculture
Depositing User: Anisa Nur Latifah
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:14
Last Modified: 26 Jan 2024 03:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9191

Actions (login required)

View Item View Item