PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN PRAMBANGAN-GRESIK

SILFIANI, DENNY (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN PRAMBANGAN-GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) semester I tahun pelajaran 2018/2019 dengan materi arti penting keutuhan NKRI, fungsi pancasila dan contoh/ilustrasi dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) di SDN Prambangan dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Subjek penelitian adalah kelas V dengan jumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan menggunakan tes tulis. Tes tersebut digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) ternyata pada observasi awal diketahui secara klasikal terdapat 61% belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukannya TGT (Team Games Tournament) paada siklus 1 terjadi peningkatan dari 61% mencapai 78% maka dengan ini dapat dikategorikan baik. Sehingga penerapan model pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:43
Last Modified: 01 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item View Item