Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 143 Gresik

Putri, Reza Oktanovia (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 143 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas di kelas V di UPT SDN 143 Gresik informasi sementara menunjukkan bahwa permasalahan dalam kemampuan berpikir kritis pada peserta didik yang masih minim untuk menguasai kemampuan berpikir kritis pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode True-Experimental Design populasi sampel seluruh peserta didik kelas V berjumlah sebanyak 42 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini tes. Berdasarkan hasil penelitian pada uji T menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti kurang dari 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh. Terdapat pengaruh dari model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran ips.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, IPS
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Reza Oktanovia Putri
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:23
Last Modified: 25 Jan 2024 04:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9289

Actions (login required)

View Item View Item