NISA’, INDAH KHOIRUN (2019) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN’S ANALYSIS ERROR (NEA) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
(2) Abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
(3) BAB 1.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
(4) BAB 2.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
(5) Bab 3.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
(6) BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
(7) BAB 5.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
(9) Daftar Pustaka.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika MTs Negeri 1 Gresik didapatkan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum bisa menyelesaikan soal matematika terutama soal cerita matematika dengan baik dan benar. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah perbedaan karakteristik peserta didik dalam memahami suatu konsep materi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Perbedaan individu dalam memahami suatu materi atau konsep tertentu disebut gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis yang digunakan adalah Newman’s Analysis Error dimana terdapat 5 jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C MTs Negeri 1 Gresik sebanyak 31 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes analisis kesalahan dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 9,98%. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki ratarata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 11,66%. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki rata-rata persentase kesalahan dilakukan pada saat menyelesaikan soal cerita sebesar 9,52%. Dari ketiga jenis gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik, peserta didik dengan gaya belajar auditorial melakukan lebih banyak kesalahan pada saat proses menyelesaikan soal cerita dibandingkan gaya belajar visual dan kinestetik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:54 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/932 |
Actions (login required)
View Item |