Profil Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar ditinjau dari Tingkatan Kelas

Hanifa, Qisti (2020) Profil Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar ditinjau dari Tingkatan Kelas. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi ipa pada siswa sekolah dasar ditinjau dari tingkatan kelas yang berbeda.Jenis penlitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan instrumen soal identifikasi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Populasi pada penelitian ini ialah siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4, dan 5 di SD Negeri II Klotok.Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti terhadap peserta didik kelas 3, 4 dan 5 SD Negeri 2 Klotok, ternyata pada diri siswa masih terdapat miskonsepsi baik kelas 3, 4 maupun kelas 5. Pada peserta didik kelas 3 ditemukan miskonsepsi di setiap peserta didik, hal ini wajar dikarenakan materi tersebut belum ditempuh oleh peserta didik kelas 3 sehingga miskonsespsi pasti ada. Pada peserta didik kelas 4 juga masih banyak ditemukan miskonsepsi, ketika dilakukan tanya jawab mereka mengatakan bahwa pada saat guru menyampaikan materi mereka kurang memperhatikan dan buku yang mereka miliki tidaklah lengkap. Selain peserta didik kelas 3 dan 4, ternyata peserta didik kelas 5 pun juga mengalami miskonsepsi, ketika tanya jawab mereka mengatakan kalau mereka lupa beberapa materi yang sudah pernah diajarkan oleh guru, mereka juga mengatakan bahwa buku yang mereka miliki tidaklah lengkap.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi IPA, Studi Kasus
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Qisti Hanifa
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:13
Last Modified: 25 Jan 2024 02:13
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9338

Actions (login required)

View Item View Item