Hanifa, Qisti (2020) Profil Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar ditinjau dari Tingkatan Kelas. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi ipa pada siswa sekolah dasar ditinjau dari tingkatan kelas yang berbeda.Jenis penlitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan instrumen soal identifikasi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Populasi pada penelitian ini ialah siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4, dan 5 di SD Negeri II Klotok.Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti terhadap peserta didik kelas 3, 4 dan 5 SD Negeri 2 Klotok, ternyata pada diri siswa masih terdapat miskonsepsi baik kelas 3, 4 maupun kelas 5. Pada peserta didik kelas 3 ditemukan miskonsepsi di setiap peserta didik, hal ini wajar dikarenakan materi tersebut belum ditempuh oleh peserta didik kelas 3 sehingga miskonsespsi pasti ada. Pada peserta didik kelas 4 juga masih banyak ditemukan miskonsepsi, ketika dilakukan tanya jawab mereka mengatakan bahwa pada saat guru menyampaikan materi mereka kurang memperhatikan dan buku yang mereka miliki tidaklah lengkap. Selain peserta didik kelas 3 dan 4, ternyata peserta didik kelas 5 pun juga mengalami miskonsepsi, ketika tanya jawab mereka mengatakan kalau mereka lupa beberapa materi yang sudah pernah diajarkan oleh guru, mereka juga mengatakan bahwa buku yang mereka miliki tidaklah lengkap.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi IPA, Studi Kasus |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Qisti Hanifa |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9338 |
Actions (login required)
View Item |