IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK (Studi deskriptif pada kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Gresik Tahun Ajaran 2017-2018)

Arif, Syaiful (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK (Studi deskriptif pada kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Gresik Tahun Ajaran 2017-2018). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang telah disahkan oleh pemerintah pada tanggal 15 juli 2013. Pemberlakuan Kurikulum 2013 merupakan komitmen pemerintah dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam upaya pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014 pemerintah mendapatkan bantahan yang cukup keras baik dari pihak guru, sekolah, masyarakat maupun pengamat pendidikan. Berpijak dari itulah peneliti melakukan penelitian dengan judul Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran al-islam dan kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 gresik. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Untuk mencapai tujuan tersebut, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar guru Agama Islam dan kemuhammadiyahan kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (interview), (2). Pengamatan (observasi) dan (3). Dokumentsi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1). Analisa selama pengumpulan data dengan mengunakan analisa deskriptif, (2). Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh sekolah, salah satunya melalui guru pengajar al-Islam dan kemuhammdiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik sudah berjalan dengan baik meskipun pada paradigma guru harus merubah karena itu merupakan proses yang mana harus berjalan dari awal. Dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, sekolah serta forum musyawarah guru mata pelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyah di kota Gresik, sangat membantu guru dalam pengimplementasikan pada pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyah di kelas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:46
Last Modified: 10 Apr 2019 01:46
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item