Pengembangan Komik Ipa Tentang Cara Tubuh Merespons Rangsang Cahaya

Agustin, Annisa Aulia (2024) Pengembangan Komik Ipa Tentang Cara Tubuh Merespons Rangsang Cahaya. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (473kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (165kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (793kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan media pembelajaran berbentuk komik strip pada mata pelajaran IPA tentang cara tubuh merespons rangsang cahaya yang digunakan peserta didik kelas V SD melalui model ADDIE (2) mendeskripsikan kualitas dari komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran IPA tentang cara tubuh merespon rangsang cahaya di kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 18 Gresik pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah 43 siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, angket bahasa, angket performance, angket respons peserta didik, lembar soal tes, observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media komik strip IPA tentang cara tubuh merespons rangsang cahaya di kelas IV SD yang dilaksanakan melalui tahapan model ADDIE, (2) Hasil kevalidan media pembelajaran komik dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli performance dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 87,74% dengan kriteria “sangat valid”, (3) Hasil Keefektivitas produk komik yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa mendapatkan persentase sebesar 100%, (4) Angket respon siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 90,7%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Comics, Natural Sciences
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Annisa Aulia Agustin
Date Deposited: 14 May 2024 04:42
Last Modified: 14 May 2024 04:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item View Item