Agustin, Annisa Aulia (2024) Pengembangan Komik Ipa Tentang Cara Tubuh Merespons Rangsang Cahaya. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (473kB) |
||
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (650kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan media pembelajaran berbentuk komik strip pada mata pelajaran IPA tentang cara tubuh merespons rangsang cahaya yang digunakan peserta didik kelas V SD melalui model ADDIE (2) mendeskripsikan kualitas dari komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran IPA tentang cara tubuh merespon rangsang cahaya di kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 18 Gresik pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah 43 siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, angket bahasa, angket performance, angket respons peserta didik, lembar soal tes, observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media komik strip IPA tentang cara tubuh merespons rangsang cahaya di kelas IV SD yang dilaksanakan melalui tahapan model ADDIE, (2) Hasil kevalidan media pembelajaran komik dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli performance dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 87,74% dengan kriteria “sangat valid”, (3) Hasil Keefektivitas produk komik yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa mendapatkan persentase sebesar 100%, (4) Angket respon siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 90,7%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Comics, Natural Sciences |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Annisa Aulia Agustin |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:42 |
Last Modified: | 14 May 2024 04:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9956 |
Actions (login required)
View Item |