Safira, Shofania Rena (2023) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MA Miftahul Ulum. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
2023_TA_PSI_190701029_HALAMAN ORISINALITAS.pdf Download (97kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (180kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (72kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (20kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_HALAMAN JUDUL.pdf Download (420kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_BAB 1.pdf Download (183kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_BAB 2.pdf Download (222kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_BAB 3.pdf Download (67kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_BAB 5.pdf Download (21kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
|
Text
2023_TA_PSI_190701029_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh tiap individu. Pada proses pendidikan terdapat tugas akademik yang harus diselesaikan siswa guna membentuk siswa yang rajin belajar dan melatih kedisiplinan siswa. Akan tetapi pada penerapannya, terdapat siswa yang belum dapat menyelesaikan tugas akademik sebagaimana mestinya. Dalam hal ini siswa tersebut memiliki perilaku prokrastinasi akademik. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi adalah self efficacy, sehingga jika siswa yang memiliki prokrastinasi yang cenderung tinggi akan memiliki self efficacy yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik pada siswa MA Miftahul Ulum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 71 siswa. Data penelitian didapati dari menyebarkan kuesioner melalui link google form yang dibantu oleh guru pendamping untuk dibagikan ke perwakilan kelas. Skala yang digunakan yakni skala likert dengan acuan aspek self efficacy menurut Bandura (1997) dan prokrastinasi akademik menurut Ferrari (2007). Uji validitas pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana, dengan hasil analisis: terdapat pengaruh negatif antara self efficacy terhadap prokrastinasi akademik pada siswa MA Miftahul Ulum dengan nilai Sig 0.000. Dengan nilai Sig 0.000 < 0.05, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antar kedua variabel, dengan sumbangan pengaruh self efficacy sebesar 53% terhadap prokrastinasi akademik. Dengan hal ini dapat disimpulkan jika siswa MA Miftahul Ulum memiliki self efficacy yang tinggi, maka prokrastinasi akademik pada siswa MA Miftahul Ulum akan rendah. begitupun sebaliknya jika self efficacy pada siswa MA Miftahul Ulum rendah maka prokrastinasi akademik pada siswa MA Miftahul Ulum cenderung tinggi. Dengan penelitian ini dapat dijadikan evaluasi bagi siswa MA Miftahul Ulum dengan meningkatkan self efficacy guna upaya mengelola prokrastinasi akademik pada siswa MA Miftahul ulum melalui meningkatkan keyakinan akan kemampuan diri dan manajemen waktu sehingga siswa MA Miftahul Ulum dapat menghadapi berbagai situasi belajar disekolah serta dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self efficacy, prokrastinasi akademik, siswa |
Subjects: | Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Shofania Rena Safira |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:25 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:25 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10452 |
Actions (login required)
View Item |