Optimalisasi Penjadwalan Replating Bagian Bottom Plate Menggunakan Critical Path Method

Sucianti, Risma Nurdinda (2024) Optimalisasi Penjadwalan Replating Bagian Bottom Plate Menggunakan Critical Path Method. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Tugas Akhir Risma Nurd.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Tugas Akhir Risma.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Seiring berjalannya waktu, lalu lintas akan semakin padat begitu pula lalu lintas laut dimana kapal sering beroperasi. Hal ini berpengaruh pada adanya potensi kerusakan pada badan maupun sistem kapal itu sendiri. Maka dari itu, proses perawatan kapal dilakukan secara berkala sehingga jika diketahui terjadi kerusakan, kapal akan segera direparasi atau diperbaiki. Proses reparasi sendiri sebaiknya dilakukan tepat waktu dan tidak tertunda, pada penelitian ini akan dibahas reparasi kapal pada bagian pelat. Namun, pada pelaksanaannya proses reparasi ini tidak seluruhnya berjalan sesuai penjadwalannya. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dilakukan analisis percepatan proyek dengan menggunakan Critical Path Method untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang berada di lintasan kritis dan langkah alternatif untuk menemukan optimalisasi waktu yang tepat seperti menambahkan beberapa tenaga kerja dan jam kerja lembur. Berdasarkan analisia yang dilakukan, durasi CPM yang didapatkan adalah 67 hari durasi perhitungan atau 15 hari durasi tetap dikarenakan penjadwalannya yang tumpang tindih dengan penambahan jam kerja lembur 3 jam, dan penambahan tenaga kerja sebanyak 29 orang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kapal, reparasi, penjadwalan
Subjects: Engineering
Manufacture
Divisions: Faculty of Engineering > Shipping Engineering Study Program
Depositing User: Risma Nurdinda Sucianti
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:02
Last Modified: 12 Jul 2024 07:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item