Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Wahyuni, Elma Qurnia Elok (2023) Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN TTD.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf

Download (113kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatakan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kebomas pada tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari UPT SMP Negeri 22 Gresik, UPT SMP Negeri 20 Gresik, SMP Dharma Bhakti, SMP Islam Manbaul Ulum, SMP Muhammadiyah 4, SMP Semen Gresik, dan SMPS Daruttaqwa yang berjumlah 914 peserta didik dan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus slovin yang dilakukan secara proportionate claster random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga jumlah sampel penelitian yang dipilih sebanyak 278 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecemasan matematika dan tes kemampuan literasi matematis serta tes kemampuan pemecahan masalah. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif yang signifikansi antara kecemasan matematika dan kemampuan literasi matematis dengan nilai C.R. -12,288≤-1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000≤0,05. (2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikansi antara kecemasan matematika dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai C.R -8,384≤-1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,017≤0,05. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikansi antara kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai C.R 21,293≥1,967 dengan taraf signifikan 0,000≤0,05.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Elma Qurnia Elok Wahyuni
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:44
Last Modified: 30 Jul 2024 03:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item