EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FITUR SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA MUHAMMADIYAH 10 GKB-GRESIK

AISIYAH, YANA FIRNA (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FITUR SMARTPHONE ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA MUHAMMADIYAH 10 GKB-GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III oke .pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB V YANA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru harus bisa memanfaatkan smartphone untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media dengan pemanfaatan teknologi yang dekat dengan peserta didik akan memudahkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran saat ini hanya membuat peserta didik tidak bisa mandiri untuk dapat menemukan materi yang akan dipelajari, peserta didik terbiasa dengan metode ceramah sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Alternatif dalam masalah tersebut adalah penerapan media smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media smartphone dalam pembelajaran pada peserta didik kelas 10 MIA di SMA Muhammadiyah 10 GKB-Gresik. Efektivitas dalam pembelajaran yang dilakukan dengan media smartphone ditinjau dari teori Moore D. Kenneth dalam bukunya, pembelajaran yang efektif itu bergantung pada guru yang profesional dengan beberapa indikator. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 10 GKB-Gresik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 10 MIA 2. Instrumen yang digunakan adalah, lembar observasi yang diambil dari 6 indikator dari teori Moore D. Kenneth. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mendapat nilai 92% dengan kategori sangat layak disebut profesional dilihat dari 6 indikator sehingga guru memiliki pembelajaran yang efektif dengan menggunakan media smartphone . Kesimpulannya yaitu Guru kelas disebut profesional dengan penggunaan media smartphone dalam pembelajaran matematika pada kelas 10 MIA 2 SMA Muhammadiyah 10 GKB-Gresik adalah efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:44
Last Modified: 17 May 2020 07:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item