Pengembangan Media 3D Mini Panggung Boneka Tangan untuk Keterampilan Berbicara

Wulandari, Nur Dwi (2025) Pengembangan Media 3D Mini Panggung Boneka Tangan untuk Keterampilan Berbicara. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 3D Mini Panggung Boneka Tangan untuk Keterampilan Berbicara. Pengembangan media ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran 3D Mini Panggung Boneka Tangan yang diterapkan pada materi cerita rakyat berjudul “Timun Mas” dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II UPT SD Negeri 18 Gresik dengan melibatkan 27 peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara, validasi media pembelajaran, dan angket respon peserta didik.Hasil analisis menunjukkan bahwa media 3D Mini Panggung Boneka Tangan masuk dalam kriteria “Sangat Valid” dengan hasil validasi oleh validator ahli sebesar 92% dan oleh validator materi sebesar 96%. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media 3D Mini Panggung Boneka Tangan dapat menarik antusias peserta didik saat proses pembelajaran materi cerita rakyat, hal ini dibuktikan juga dengan perolehan skor dari pengisian angket respon peserta didik sebesar 97% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”, sehingga hasil evaluasi media 3D Mini Panggung Boneka Tangan mendapatkan respon positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Dwi Wulandari
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:27
Last Modified: 24 Apr 2025 03:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item