Analisis Kemampuan Pemahaman Isi Puisi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Azmi, Muhammad Nurul (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Isi Puisi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Lembar pengesahan ujian skripsi.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan E prints.pdf

Download (243kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman isi puisi melalui pendekatan keterampilan proses pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman isi puisi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman isi puisi siswa meningkat setelah diberikan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman makna kata, pemahaman makna kalimat, pemahaman makna paragraf, serta pemahaman makna keseluruhan puisi. Oleh karena itu, pendekatan keterampilan proses dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman isi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman isi puisi, Keterampilan Proses, Bahasa Indonesia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Muhammad Nurul Azmi
Date Deposited: 07 May 2025 03:41
Last Modified: 07 May 2025 03:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item