Analisis Pengaruh Penggunaan Limbah Pembakaran Batu Bara sebagai Subtitusi Semen pada Penggunaan Campuran Paving block

Sari, Ratna Puspita (2024) Analisis Pengaruh Penggunaan Limbah Pembakaran Batu Bara sebagai Subtitusi Semen pada Penggunaan Campuran Paving block. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PENYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (506kB)
[img] Text
SURAT PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan limbah pembakaran batu bara sebagai pengganti semen dalam produksi perkerasan jalan dapat menjadi solusi berkelanjutan untuk mengurangi dampak lingkungan dan biaya produksi. fly ash, sebagai hasil sampingan pembakaran batu bara, memiliki sifat pozzolan yang dapat meningkatkan kinerja material konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan fly ash sebagai pengganti semen terhadap kuat tekan, daya serap air, dan ketahanan abrasi pada paving stone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan fly ash sebesar 5% menghasilkan nilai kuat tekan rata-rata tertinggi sebesar 21,83 MPa (Kelas B), dibandingkan dengan 23,25 MPa (Kelas B) pada paving stone tanpa fly ash. Selain itu, penambahan fly ash juga menurunkan nilai keausan dengan laju keausan terendah sebesar 0,035 mm/menit pada campuran 15% (Kelas A). Daya serap air pada paving stone juga menurun seiring dengan meningkatnya kandungan fly ash. Dengan demikian, fly ash sebanyak 5% dapat digunakan sebagai pengganti semen untuk produksi perkerasan kelas B yang sesuai untuk area parkir. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk membandingkan fly ash dari berbagai sumber, mengintegrasikan bottom ash, dan meningkatkan kualitas paving stone melalui metode mekanis yang lebih baik. Dengan memanfaatkan fly ash, diharapkan dapat mengurangi akumulasi limbah, menekan emisi CO2, dan mendukung pembangunan berkelanjutan di sektor konstruksi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fly ash, Batu Bara, Kuat Tekan, Daya Serap, Uji Aus
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program
Depositing User: Ratna Puspita Sari
Date Deposited: 08 May 2025 04:04
Last Modified: 08 May 2025 04:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item