Strategi Pengembangan Usaha Pada Bisnis Hijabbysls Dengan Pendekatan Analisis SOAR

Sari, Yuni Nawang (2025) Strategi Pengembangan Usaha Pada Bisnis Hijabbysls Dengan Pendekatan Analisis SOAR. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan, 7 (1). pp. 22-32. ISSN 2685-2349

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2853

Download (3kB)
Official URL: https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/massaro/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha Hijabbysls dengan menggunakan pendekatan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results). Melalui wawancara dengan pemilik bisnis, informasi yang diperoleh digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan daya saing Hijabbysls di pasar fashion hijab. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hijabbysls memiliki beberapa kekuatan utama, seperti kemampuan menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau, serta peluang besar di pasar online dan dengan menjalin hubungan dengan jaringan reseller. Selain itu, aspirasi perusahaan untuk menjadi merek hijab terkemuka di Indonesia dan meningkatkan jumlah pelanggan juga sangat jelas. Hasil yang telah dicapai mencakup loyalitas pelanggan yang tinggi dan peningkatan penjualan yang signifikan.Metodologi penelitian ini menggunakan kualitatif dalam pendekatan Fenomologi yang digunakan dalam artikel ini. Pengkajian ini menghasilkan bila cara mengembangkan bisnis yang dilakukan bisnis Hijabbysls sudah cukup baik serta analisa SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, and Results)ini bersifat positif untuk kelanjutan bisnis Hijabbysls di masa yang akan datang. Pemanfaatan strategi pengembangan berdasarkan analisis SOAR dapat memperkuat posisi Hijabbysls, dengan memperluas jaringan distribusi melalui saluran online dan offline serta meningkatkan pemasaran digital. Dalam hal ini, strategi pengembangan yang berfokus pada kualitas produk, loyalitas pelanggan, dan diversifikasi saluran distribusi menunjukkan keselarasan dengan strategi distribusi. Temuan ini memberikan wawasan mengenai pentingnya adaptasi terhadap tren pasar, penggunaan promosi efektif, dan pemanfaatan media sosial untuk memperkuat posisi Hijabbysls di pasar hijab yang kompetitif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bisnis,Fashion Hijab, SOAR, Usaha, Hijabbysls
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Yuni Nawang Sari
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:40
Last Modified: 12 Jun 2025 03:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item