MANAJEMEN PEMASARAN PERTANIAN

Djazuli, R. Achmad and dkk, dkk (2025) MANAJEMEN PEMASARAN PERTANIAN. UMG Press, Gresik. ISBN 978-623-8630-34-9

[img] Text
Cover.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB Selanjutnya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Buku "Manajemen Pemasaran Pertanian" ini disusun untuk memberikan landasan pengetahuan tentang konsep, teori, dan aplikasi manajemen pemasaran dalam konteks pertanian Indonesia. Cakupan pembahasan meliputi pengantar pemasaran pertanian, ruang lingkup, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, biaya dan margin pemasaran, efisiensi pemasaran, karakteristik produsen dan konsumen, mekanisme pasar dan pembentukan harga, serta strategi pemasaran produk pertanian. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan penting. Pertama, masih terbatasnya literatur pemasaran pertanian yang mengintegrasikan aspek teoretis dengan realitas empiris di Indonesia. Kedua, kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi pemasaran produk pertanian melalui perbaikan struktur, perilaku, dan kinerja pasar. Ketiga, urgensi peningkatan kapasitas petani dan pelaku rantai pasok lainnya dalam merespon perubahan preferensi konsumen, perkembangan teknologi, dan persaingan global.

Item Type: Book
Subjects: Agriculture
Agriculture > Agribusiness
Divisions: Book > Agribusiness Study Program
Book > Agribusiness Study Program
Book > Agribusiness Study Program
Depositing User: Raden Achmad Djazuli
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:45
Last Modified: 24 Jun 2025 02:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item