Djazuli, R. Achmad and dkk, dkk (2025) MANAJEMEN PEMASARAN PERTANIAN. UMG Press, Gresik. ISBN 978-623-8630-34-9
![]() |
Text
Cover.pdf Download (990kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
BAB Selanjutnya.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Buku "Manajemen Pemasaran Pertanian" ini disusun untuk memberikan landasan pengetahuan tentang konsep, teori, dan aplikasi manajemen pemasaran dalam konteks pertanian Indonesia. Cakupan pembahasan meliputi pengantar pemasaran pertanian, ruang lingkup, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, biaya dan margin pemasaran, efisiensi pemasaran, karakteristik produsen dan konsumen, mekanisme pasar dan pembentukan harga, serta strategi pemasaran produk pertanian. Penulisan buku ini dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan penting. Pertama, masih terbatasnya literatur pemasaran pertanian yang mengintegrasikan aspek teoretis dengan realitas empiris di Indonesia. Kedua, kebutuhan mendesak untuk meningkatkan efisiensi pemasaran produk pertanian melalui perbaikan struktur, perilaku, dan kinerja pasar. Ketiga, urgensi peningkatan kapasitas petani dan pelaku rantai pasok lainnya dalam merespon perubahan preferensi konsumen, perkembangan teknologi, dan persaingan global.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Agriculture Agriculture > Agribusiness |
Divisions: | Book > Agribusiness Study Program Book > Agribusiness Study Program Book > Agribusiness Study Program |
Depositing User: | Raden Achmad Djazuli |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:45 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |