PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN TPS PADA MATEPEMFAKTORAN SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP SABILUL MUHTADIN KARANGASEM TUBAN

Khoiriyah, Anis (2014) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DENGAN TPS PADA MATEPEMFAKTORAN SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP SABILUL MUHTADIN KARANGASEM TUBAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstract.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (20kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang tepat dan menarik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik dengan peserta didik lainnya untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri secara kelompok adalah model pembelajaran kooperatif TSTS dan TPS. Pada pembelajaran ini peserta didik di kelompokkan secara heterogen. Penelitian ini adalah penelitian komparatif yang bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan model pembelajaran TSTS dengan pembelajaran TPS pada materi faktorisasi aljabar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Sabilul Muhtadin Karangasem TubanTahun Ajaran 2014-2015. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sampel total yang artiya seluruh peserta didik di kelas VIII yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VIIIA dan VIIIB dengan masih sebanyak 17 peserta didik sebagai sampel penelitian.Untuk menentukan sampel sebagai kelas TSTS maupun TPS menggunakan cara mengundi secara tradisional dengan menuliskan di kertas. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah nilai tes hasi belajar peserta didik. Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa nilai signifikan < α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya berasal dari populasi yang tidak berdistribusi normal. Sehingga menggunakan uji h dalam hipotesis, diperoleh sig = 0,111 lebih besar dari α = 0,05 berada di daerah ho di tolak maka disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan kooperatif tipe TPS pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP Sabilul Muhtadin Karangasem Tuban.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:28
Last Modified: 28 Jun 2019 02:28
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item