PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN MILENIUM DENGAN KARTU MILENIUM PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME

SHOLIHAH, MU’MINATUS (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA LINGKARAN MILENIUM DENGAN KARTU MILENIUM PADA MATERI POKOK PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru matematika, dalam proses pembelajaran pada materi pecahan di kelas VII SMP peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan operasi penjumlahan maupun pengurangan bilangan pecahan. Meskipun mereka pernah mempelajari materi itu sebelumnya di sekolah dasar, tapi mereka masih belum memahami konsep pecahan itu sendiri. Sehingga peserta didik masih sering melakukan operasi penjumlahan maupun pengurangan tanpa mempedulikan penyebut yang tidak sama. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep bilangan pecahan dibutuhkan bantuan media pembelajaran yang lebih efektif dalam mencapai hasil belajar peserta didik yaitu Lingkaran Milenium dan Kartu Milenium. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Cerme tahun ajaran 2014/2015 yakni kelas VII A, VII B, dan kelas VII C, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 54 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan tehnik random sampling sederhana, yakni kelas VII A dan VII C. Sedangkan Kelas VII B sebagai kelas uji coba soal tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji Kruskal-Wallis dengan nilai α = 0,05 didapatkan nilai P-value pada baris Asymp. Sig = 0,756 > α, atau H0 diterima. Artinya tidak ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media Lingkaran Milenium dengan Kartu Milenium pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:55
Last Modified: 28 Jun 2019 03:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item View Item