Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Kedai Titik Temu

Santoso, Agung (2025) Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Kedai Titik Temu. YUME Journal Of Management, 8 (2). pp. 943-951. ISSN 2614-851X

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (414kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
1. Artikel Agung santoso.pdf

Download (711kB)
Official URL: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/art...

Abstract

Dalam perkembangan bisnis di era sekarang, terdapat banyak sekali bisnis-bisnis yang bermunculan dengan berbagai ciri khas tertentu. Perkembangan bisnis yang sangat pesat ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat dari para pebisnis, khususnya bisnis di bidang food & beverage. Salah satu usaha pada bidang food & beverage yang mempunyai cukup persaingan adalah usaha kedai. Kedai Titik Temu adalah kedai makanan dan minuman yang terutama menjual produk makanan dan minuman. Permasalahan yang biasanya dijumpai dari usaha kedai adalah kurangnya minat pelanggan untuk membeli produk kedai yang ditawarkan. Masalah ini pun juga terdapat pada salah satu usaha kedai yaitu Kedai Titik Temu yang terletak di kota Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat strategi pengembangan bisnis dengan membuat model transformasi bisnis dengan bisnis model kanvas pada Kedai Titik Temu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif menjelaskan dan menggambarkan situasi atau proses Kedai Titik Temu yang diteliti. Informan kunci untuk penelitian ini adalah Pemilik Kedai Titik Temu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan bisnis model kanvas Kedai Titik Temu. Analisis pada desain transformasi bisnis menggunakan pendekatan bisnis model kanvas. Hasil dari strategi pengembangan bisnis Kedai Titik Temu adalah mengembangkan bisnis Kedai Titik Temu agar mampu bersaing dan mengatasi permasalahan yang ada. Peningkatan nilai dalam sembilan elemen model bisnis canvas menghasilkan strategi baru dari segmen pelanggan hingga aliran pendapatan Kedai Titik Temu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Business Model Canvas, Business Transformation Design, Business Development Strategy
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Agung Santoso
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:52
Last Modified: 01 Aug 2025 02:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14372

Actions (login required)

View Item View Item