Pengaruh Lokasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah Yang Dimediasi Reputasi Sekolah Pada SMP Muhammadiyah 4 Kebomas

Bahta, Dwiki Maulana Attabik (2025) Pengaruh Lokasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah Yang Dimediasi Reputasi Sekolah Pada SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (291kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (443kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi dan biaya pendidikan terhadap keputusan pemilihan sekolah yang dimediasi oleh reputasi sekolah pada SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Latar belakang penelitian ini didasari oleh persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat, sehingga pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan orang tua dalam memilih sekolah menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan biaya pendidikan berpengaruh positif terhadap reputasi sekolah. Selain itu, reputasi sekolah juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan sekolah. Lebih lanjut, reputasi sekolah terbukti memediasi pengaruh lokasi dan biaya pendidikan terhadap keputusan pemilihan sekolah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pihak manajemen sekolah dalam menyusun strategi pemasaran pendidikan yang lebih efektif, dengan mempertimbangkan faktor lokasi, biaya, dan penguatan reputasi sekolah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lokasi, Biaya Pendidikan, Reputasi Sekolah, Keputusan Pemilihan Sekolah, SEM-PLS.
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Dwiki Maulana Attabik Bahta
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:00
Last Modified: 04 Aug 2025 02:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item View Item