PURWATI, YENNY (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PIE MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SD NEGERI DAHANREJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Pengalaman belajar akan terbentuk apabila peserta didik ikut terlibat dalam aktivitas belajarnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran PIE dengan menggunakan media tangram sehingga peserta didik dapat membangun definisi pemikirannya dengan baik yang meliputi predict, investigate, dan explain dalam menyusun semua bangun datar dari media tangram tersebut menjadi bentuk bangun datar yang lebih besar agar memudahkan peserta didik dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik, respon peserta didik setelah melakukan penerapan metode pembelajaran PIE menggunakan media tangram pada materi bangun datar kelas V SDN Dahanrejo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan desain one shot case study. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Dahanrejo yang berjumlah 30 peserta didik dan guru pengajar. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, lembar tes, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil dan analisis data diperoleh adalah (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran PIE menggunakan media tangram pada materi bangun datar dikategorikan sangat baik karena diketahui bahwa rata-rata nilai dari seluruh pertemuan adalah 88,75; (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran termasuk dalam kategori baik karena rata-rata nilai aktivitas dari seluruh pertemuan adalah 81,25; (3) ketuntasan belajar klasikal peserta didik tercapai dengan prosentase 90%; (4) peserta didik memberikan respon sangat senang terhadap penerapan metode pembelajaran PIE menggunakan media tangram pada materi bangun datar dengan rata-rata skor penilaian respon yang dicapai yaitu 127,14.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 08:24 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 08:24 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1457 |
Actions (login required)
View Item |