Anggita, Shella (2023) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
02 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (363kB) |
|
|
Text
02 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
04 HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf Download (290kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (444kB) |
|
|
Text
05 HALAMAN JUDUL.pdf Download (668kB) |
|
|
Text
06 BAB I.pdf Download (148kB) |
|
|
Text
07 BAB II.pdf Download (310kB) |
|
|
Text
08 BAB III.pdf Download (391kB) |
|
|
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 8 January 2030. Download (992kB) |
|
|
Text
10 BAB V.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
12 LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan model analisis jalur (path analysis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP sekecamatan Balongpanggang dengan jumlah 527 peserta didik yang berasal dari 4 sekolah, yaitu UPT SMP Negeri 9 Gresik, UPT SMP Negeri 27 Gresik, UPT SMP Negeri 31 Gresik, dan SMP Muhammadiyah 2 Balongpanggang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin dengan mengambil batas kesalahan sebesar 5%, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 227 peserta didik yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara proportional cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan logis matematis, tes kemampuan komunikasi matematis, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program AMOS 24 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis jalur, yaitu (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan nilai C.R. sebesar 11,604 ≥ 1,967 dan tingkat probabilitas sebesar 0,000 ≤ 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai C.R. sebesar 2,169 ≥ 1,967 dan tingkat probabilitas sebesar 0,030 ≤ 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai C.R. sebesar 2,683 ≥ 1,967 dan tingkat probabilitas sebesar 0,007 ≤ 0,05.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
| Subjects: | Education Mathematic Education |
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
| Depositing User: | Shella Anggita |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:37 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:37 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
