Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar

Putri, Ainun Fatikha (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Orisinalitas Keaslian Skripsi.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis adalah proses berpikir yang menggunakan pengetahuan matematika, logika, dan pembuktian untuk menyelesaikan persoalan yang terkait dengan konteks matematika. Sedangkan gaya belajar adalah cara yang digunakan oleh peserta didik dalam menerima, memahami, dan memproses informasi dan materi selama proses pembelajaran yang emmpengaruhi bagaimana peserta didik dapat berinteraksi dengan materi yang diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini, gaya belajar peserta didik dikategorikan menjadi 4, yaitu gaya belajar visual, auditori, reading/writing, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 9 Gresik menurut gaya belajar, baik peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditori, reading/writing, dan kinestetik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B UPT SMP Negeri 9 Gresik tahun ajaran 2024-2025. Subjek dipilih dengan membagikan kuisioner gaya belajar. Dari hasil kuisioner, diperoleh peserta didik yang memiliki gaya belajar visual skor 9, peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori skor 10, peserta didik yang memiliki gaya belajar reading/writing skor 7, serta peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik skor 10. Setelah itu, subjek diberi soal tes kemampuan berpikir kritis matematis baik secara tulis maupun lisan (wawancara). Sedangkan instrumen yang digunakan adalah kuisioner agya belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar visual mampu memenuhi 11 sub keterampilan dari 16 sub keterampilan pada indikator yang digunakan oleh peneliti. (2) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori mampu memenuhi 9 sub keterampilan dari 16 sub keterampilan pada indikator yang digunakan oleh peneliti. (3) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar reading/writing mampu memenuhi 10 sub keterampilan dari 16 sub keterampilan pada indikator yang digunakan oleh peneliti. (4) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 9 sub keterampilan dari 16 sub keterampilan pada indikator yang digunakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis matemaris, gaya belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ainun Fatikha Putri
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:08
Last Modified: 09 Dec 2025 04:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item