PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN DAN K.H. HASYIM ASY’ARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

DUWIYONO, HATIN (2012) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN DAN K.H. HASYIM ASY’ARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui relevansi pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari dengan pemikiran pendidikan Islam kontemporer. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan berbagai informasi tentang pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy’ari serta relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Hasilnya diketahui bahwa pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang bersifat integralistik, mengadopsi Pendidikan Belanda dalam sekolah, memberi muatan pengajaran Islam pada sekolah umum model Belanda dan menerapkan sistem kooperatif dalam pendidikan. sedangkan pemikiran pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari lebih menitik beratkan pada etika dan memandang pendidik sebagai pihak yang sangat penting dalam pendidikan. Menurut pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari guru adalah sosok yang mampu mentransmisikan ilmu pengetahuan disamping pembentuk sikap dan etika peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 02 Jul 2019 11:22
Last Modified: 02 Jul 2019 11:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item