Sholihah, Maskanah Imro’atush (2013) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN SUMARI DUDUKSAMPEYAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_Ikha.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_Ikha.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_Ikha.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_Ikha.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Ikha.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Salah satu pendekatan dalam pendidikan saat ini yang sedang dikembangkan oleh Depdiknas adalah pendekatan pembelajaran kontekstual atau yang sering disebut Contextual Teaching And Learning (CTL). Pendekatan ini sesungguhnya membantu guru untuk meningkatkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata dan memotivasi siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata. Dalam hal ini pendekatan CTL dianggap representatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pengaplikasiannya dalam kehidupan nyata adalah merupakan esensi yang terpenting. xv Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode CTL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumari Duduksampeyan. (2) Untuk mengetahui bagaimana efektifitas metode CTL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Sumari Duduksampeyan. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif kualitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan deskriptif dan angka-angka untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin peneliti ketahui. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa metode yaitu ; metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berupa hasil ulangan siswa. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion > Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 11:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 11:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1589 |
Actions (login required)
View Item |