PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS V SDN TEBALO

KHILMIYAH, ANTIN SHOKHIFATUL (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS V SDN TEBALO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pecahan merupakan salah satu pokok bahasan dalam bilangan yang implementasinya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, konsep pecahan harus ditanamkan kepada peserta didik dengan baik agar peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang menyangkut pecahan dalam kehidupan. Proses pembelajaran pada materi pokok pecahan masih terpusat pada guru, peserta didik hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimilikinya. Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut peneliti mencoba untuk mengadakan perbaikan dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM). Dengan strategi pembelajaran ini diharapkan dapat memposisikan guru sebagai perancang dan organisator pembelajaran sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk memahami dan memaknai konsep yang diajarkan melalui aktivitas belajar. Tujuan dalan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan guru dan aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Tebalo 2012 – 2013 yang berjumlah 19 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara pengamatan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru matematika dan dibantu dua rekan mahasiswa yang sebagai pengamat. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamataan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dengan pokok bahasan pecahan termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 04 Jul 2019 12:10
Last Modified: 04 Jul 2019 12:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item