LAELA, KUMIL (2013) PENERAPAN METODE GUIDE NOTE TAKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar yang dilaksanakan di berbagai sekolah banyak yang masih didominasi oleh guru, dimana guru hanya memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik hanya bertindak pasif dalam menerima informasi tersebut. Hal ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam belajarnya. Untuk dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajar, dapat digunakan metode Guide Note Taking. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, respon dan ketuntasan belajar peserta terhadap penerapan metode Guide Note Taking dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan keliling dan luas lingkaran. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 4 Giri Tahun Ajaran 2012-2013. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 peserta didik. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar soal tes hasil belajar peserta didik, lembar observasi guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik, serta lembar angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik dan data observasi. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode Guide Note Taking pada pembelajaran matematika dapat dikatakan baik, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dapat dikategorikan baik, peserta didik tuntas belajar sebesar 82,6% sesuai dengan kurikulum SMP Muhammadiyah 4 Giri secara klasikal ketuntasan belajar tercapai, respon peserta didik terhadap penerapan metode Guide Note Taking pada pembelajaran matematika dikategorikan baik dengan prosentase 81,7%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:11 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1722 |
Actions (login required)
View Item |