SHOFA, LAILATUS (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG -LAYANG KELAS V MIM 03 DOUDO PANCENG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar yang dilaksanakan di berbagai sekolah banyak yang masih didominasi oleh guru, dimana guru hanya memberikan informasi kepada peserta didik, sedangkan peserta didik hanya bertindak pasif dalam menerima informasi tersebut. Hal ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam belajarnya. Untuk dapat membantu mengaitkan pengetahuan dengan strktur kognitif peserta didik belajar, dapat digunakan model Advance Organizer. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan guru dalam pembelajaran, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, dan ketuntasan belajar peserta terhadap model Advance Organizer dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas V MIM 03 Doudo Panceng Tahun Ajaran 2012-2013. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 peserta didik. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar soal tes hasil belajar peserta didik, lembar observasi guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar peserta didik dan data observasi. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model Advance Organizer pada pembelajaran matematika dapat dikatakan baik, aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dapat dikategorikan baik, peserta didik tuntas belajar sebesar 85,7% sesuai dengan secara klasikal ketuntasan belajar tercapai.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:11 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
View Item |