ANDRIYANI, NOERMA (2013) MEMBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INTERAKTIF DAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI GEOMETRI KELAS IX SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
12 BAB I.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB II.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB III oke _Repaired_.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
15 BAB IV oke2.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
|
Text
16 BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih terpusat pada guru. Guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa jenuh, membosankan dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model Interaktif dan Direct Instruction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik antara model Intaraktif dan Direct Instruction dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP YPI Darussalam 1 Cerme Gresik Tahun Ajaran 2013-2014. Sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 76 peserta didik (dua kelas) yang sebelumnya diuji homogenitas dari 190 peserta didik lalu dipilih dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Istrumen penelitian yang dipergunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t, bersadarkan uji-t diperoleh bahwa nilai sig = 0,011 lebih kecil dari pada taraf signifikan 0,05 sehingga berada pada daerah penerimaan H1, artinya hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran model Interaktif berbeda dengan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran model Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 07:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 07:15 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1731 |
Actions (login required)
View Item |