ABADIYAH, SHOLICHATUL (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS VI A MINU BANAT MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran pendidik dan peserta didik merupakan dua komponen yang penting dan tidak dapat dipisahkan. Antara dua komponen tersebut harus terjalin interaksi yang saling menunjang. Realitanya tidaklah mudah antara guru dan peserta didik untuk berinteraksi secara aktif. Dalam proses pembelajaran pada umumnya yang lebih dominan adalah guru. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dengan guru menjadi pusat seluruh kegiatan di kelas sehingga dalam pembelajaran peran peserta didik kurang. Untuk mengatasi masalah di atas, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan aktivitas peserta didik. Salah satunya adalah dengan pembelajaran aktif. Dalam pembelajaran aktif ini digunakan strategi Index Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI A MINU BANAT Manyar yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian terdiri atas lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas peserta didik selama pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mendapatkan skor 81,25 yang termasuk dalam kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mendapatkan skor 83,05 sehingga dikategorikan baik, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match mencapai 83,3% sehingga ketuntasan belajar peserta didik telah tercapai, dan untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match, sebanyak 96,4% peserta didik merespon ya atau berminat sehingga respon peserta didik dikatakan baik
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |