ARIANI, ERVIN DESI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI SUDUT DI KELAS III B SD NEGERI INDRO GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
7.1.Abstrak.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I RME 1.7.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RME 2.5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III RME 3.5.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB IV RME 4.4.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
|
Text
BAB V RME 5.2.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru, aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi sudut di kelas III B SDN Indro Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan, dan lain-lain. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III B SDN Indro Gresik yang terdiri dari 48 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik dalam penerapan model pembelajaran RME, dan hasil tes. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali pembelajaran dan diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika pada peserta didik kelas III B SDN Indro Gresik dengan penerapan model pembelajaran RME sudah baik. Hal ini berdasarkan pada: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan model Realistic Mathematics Education (RME) pada sub materi jenis dan besar sudut dikatakan sangat baik, karena diketahui bahwa rata-rata nilai dari seluruh pertemuan adalah 88 yaitu berada diantara skala 85 – 100, (2) Aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dapat dikatakan aktif karena prosentase telah mencapai lebih dari 50% yaitu 54.216%, (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) adalah positif dengan prosentase yang dicapai lebih dari 76% yaitu 91.488%, (4) Ketuntasan belajar klasikal tercapai dengan prosentase 89.36% yang melebihi dari kriteria yang dirumuskan ≥ 80%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:14 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |