EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF MIKA DAN PAPAN SIPUT PADA MATERI SIMETRI DI KELAS V MI ASSA’ADAH BUNGAH

ATI, WAHYU SETYANING (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF MIKA DAN PAPAN SIPUT PADA MATERI SIMETRI DI KELAS V MI ASSA’ADAH BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Prestasi belajar peserta didik di sekolah sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dari peserta didik dalam memahami materi. Indikasi ini dimungkinkan karena faktor belajar dari peserta didik yang kurang efektif, bahkan tidak termotivasinya peserta didik sendiri dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Kecenderungan pembelajaran yang kurang menarik inilah yang mengakibatkan peserta didik kurang atau bahkan tidak memahami materi yang bersifat sukar yang diberikan oleh guru. Dalam menunjang proses pembelajaran, selain bahan ajar, media juga mempunyai peran penting dalam suatu proses pembelajaran. Salah satu kelebihan kemampuan media menurut Gerlach dan Ely adalah media memiliki kemampuan manipulatif, artinya media tersebut dapat menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan (manipulasi) sesuai dengan keperluan. Maka dari itu peneliti menggunakan media manipulatif mika dan papan siput sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media manipulatif mika dan papan Siput pada materi simetri. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 18 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik dalam mengunakan media manipulatif mika dan papan siput telah memenuhi kriteria aktif, hasil belajar peserta didik dengan media manipulatif mika dan papan siput dinyatakan tuntas, dan untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan media manipulatif mika dan papan siput dinyatakan respon mereka positif. Dari empat indikator tersebut, semua indikator telah tercapai maka penggunaan media manipulatif mika dan papan siput pada materi simetri di kelas V MI Assa’adah Bungah dinyatakan efektif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:14
Last Modified: 08 Jul 2019 03:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item