RELAYOUT PENEMPATAN PRODUK DI ECOS MINIMART GRESIK DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS

PRADANA, ADE PUTRA (2016) RELAYOUT PENEMPATAN PRODUK DI ECOS MINIMART GRESIK DENGAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB V ANALISIS DAN INTERPRETASI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Industri ritel di Indonesia tumbuh dengan pesat dan menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Pengelola ritel harus menyiapkan strategi pemasaran agar bisa bersaing dengan kompetitor. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan adalah menyusun produk berdasarkan perilakunya, sehingga memberikan konsumen merasa nyaman dan memberikan kemudahan dalam melakukan pembelian. Hal tersebut akan membuat jumlah konsumen meningkat dan naiknya profit perusahaan. Pada penelitian ini, dilakukan usaha perbaikian tata letak toko ritel berdasarkan perilaku belanja konsumen dengan menggunakan metode Market Basket Analysis (MBA) dan Activity Relationship Chart (ARC). Tujuan dari MBA adalah menemukan asosiasi antar produk yang diletakan pada keranjang belanja dan menentukan produk yang paling sering dibeli bersama - sama oleh konsumen. MBA merupakan salah satu penerapan Association Rule dengan ukuran Support factor, Confidence dan Improvement ratio / Lift. Selanjutnya, MBA divalidasi menggunakan aplikasi RapidMiner untuk menentukan apakah proses perhitungan dengan rumus sama dengan hasil pengolahan RapidMiner. Selanjutnya dilakukan analisis dengan ARC untuk mengetahui derajat kedekatan produk secara kualitatif. Berdasarkan pengolahan data menggunakan MBA dan ARC dihasilkan layout usulan dan terdapat beberapa produk yang harus diubah posisinya. Produk - produk yag harus dipindah yaitu produk sabun, moutwash dan shampo yang harus didekatkan dan diletakkan pada bagian belakang tengah toko, minuman kotak dan biskuit harus didekatkan dan diletakkan dibagian depan toko, serta minyak goreng dan gula harus didekatkan dan diletakkan dibagian tengah toko.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:11
Last Modified: 09 Jul 2019 02:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item