PERENCANAAN MODEL PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN WARUNG APUNG RAHMAWATI DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM

AZIZ, SULAIMAN (2015) PERENCANAAN MODEL PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN WARUNG APUNG RAHMAWATI DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka( ok ).pdf

Download (87kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Warung Apung Rahmawati berdiri pada tahun 2003 merupakan perusahaan tergolong perusahaan di bidang rumah makan. Selama ini perusahaan menggunakkan pengukuran kinerja dengan metode tradisional, sehingga sulit bagi perusahaan untuk mengidentifikasi penyebab atau masalah masalah yang terjadinya dalam penurunan kinerja. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan KPI, mengintegrasikan KPI, mengukur kinerja perusahaan dengan metode performance prism, memberikan rekomendasi hasil improvement. Setiap perusahaan perlu memperhatikan aspek stakeholder dalam menilai kinerja perusahaan karena para stakeholder ikut mempengaruhi keadaan perusahaan. Model Performance Prism dianggap tepat digunakan untuk mengukur kinerja karena aspek yang diukur berdasarkan sisi stakeholder seperti direktur, supplier, karyawan, konsumen dan masyarakat. Model Performance Prism mempunyai 5 perspektif, yaitu kepuasan Stakeholder, kontribusi Stakeholder, strategy, proses, dan kapabilitas. Langkah langkah dari performance prism adalah mengidentifikasi kpi dari setiap stakeholder, mengintegrasikan kpi kedalam performance prism, melakukan perbandingan berpasangan terhadap kpi dengan AHP, melakukan penilaian kinerja pada bidang prsima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 94 KPI yang terdiri dari 14 KPI stakeholder direktur, 23 KPI pada stakeholder konsumen, 23 KPI pada stakeholder karyawan, 18 KPI pada stakeholder supplier dan 16 KPI pada stakeholder masyarakat. Untuk nilai akhir dari setiap stakeholder yaitu kepuasan stakeholder sebesar 0.507, kontribusi stakeholder sebesar 0.505, strategy sebesar 0.474, proses sebesar 0.477, kapabilitas sebesar 0.522. hasil pengukuran menunjukkan pengukuran kinerja performance prism diperoleh hasil sebesar 2.487 dari skala 3 atau sebesar 82.90 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:43
Last Modified: 11 Jul 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item