PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK

Apriliandani, Ririn (2016) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Problem yang sering dialami pendidik ketika melakukan proses belajar mengajar terlihat ketika pendidik menyampaikan materi namun peserta didik terlihat lesu, pendiam dan kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Sehingga peserta didik tidak melakukan aktivitas belajar sepenuhnya. Salah satu cara yang harus ditempuh yaitu dengan menumbuhkan motivasi belajar, melalui pemberian reward dan punishment yang mendidik diharap dapat menumbuhakan motivasi belajar peserta didik. Pemberian reward dan punishment akan memberikan pengaruh pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP NU 2 Gresik yang berjumlah 53 peserta didik, dan sampel penelitian sebanyak 53 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Angket diberikan pada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement) dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment. Hasil analisis data uji homogenitas menunjukkan bahwa data berasal dari populasi yang homogen, dan dari analisis data uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal sehingga analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji-t Dua Sampel Independen. Berdasarkan Uji-t Dua Sampel Independen diperoleh bahwa nilai sig = 0,031<0,05artinya motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran dengan penguat (reinforcement) dalam bentuk pemberian reward dan punishment lebih baik dari motivasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran tanpa penguat (reinforcement). Kata Kunci: Reward, Punishment , Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2018 02:09
Last Modified: 08 Mar 2019 01:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item