MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA MELALUI INTEGRATED APPROACH

Husniah, rohmi (2014) MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA MELALUI INTEGRATED APPROACH. Didaktika, 19 (2). pp. 41-53.

[img] Text
ARTIKEL 4 vol 19.pdf

Download (152kB)

Abstract

Introduction to literature merupakan salah satu matakuliah content yang merupakan prasyarat agar mahasiswa bisa menempuh mata kuliah sastra lainnya. Mahasiswa semester 3 sebanyak 22 mahasiswa yang mengambil matakuliah ini merupakan mahasiswa yang pasif sehingga menjadi kurang kreatif. Oleh karena kreatifitas sangat dibutuhkan dalam pembelajaran sastra, maka pengajar berusaha meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam Introduction to literature. Metode yang digunakan ialah melalui kegiatan lesson studi yang terdiri dari empat siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu plan, do dan see. Satu tim LS terdiri dari seorang dosen model yang dipilih secara bergilir dan 3 observer. Pendekatan yang digunakan ialah integrated approach yang terdiri dari pendekatan bahasa, pendekatan parafrase dan pendekatan moral. Hal ini dikarenakan sastra mencakup prose, poetry dan drama yang analisanya juga membutuhkan berbagai pendekatan. Dari keempat siklus yang telah diadakan, data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreatifitas mahasiswa dalam pembelajaran sastra melalui pendekatan integrasi. Mereka mampu untuk memahami karya sastra dengan baik, mampu mengintepretasikannya, bahkan menampilkan dan membuat karya sastra sendiri. Saran yang disampaikan dalam artikel ini adalah agar open lesson diadakan untuk semua mata kuliah karena memberi dampak yang positif bagi mahasiswa maupun dosen.

Item Type: Article
Subjects: English Education
English Education > English
Divisions: ?? JP ??
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2018 08:27
Last Modified: 11 Apr 2018 08:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item