SA’DIYAH, SITI NUR (2015) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING KELAS VIII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
|
Text
8. BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Salah satu dari tujuan mata pelajaran matematika di sekolah adalah agar peserta didik mampu memahami konsep matematika. Suatu metode pembelajaran yang diharapkan mampu sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep adalah metode guided discovery learning yaitu cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran dimana peserta didik dapat menemukan suatu konsep yang dilakukan atas petunjuk bimbingan dari guru. Dengan metode pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep materi pembelajaran sehingga nantinya akan mempengaruhi hasil belajarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar peserta didik melalui metode guided discovery learning pada kelas VIII SMP YPI Darussalam 1 Cerme. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VIII SMP YPI Darussalam 1 Cerme yang terdiri atas lima kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII A yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Tes hasil belajar telah di uji validitas dan reliabilitasnya di kelas VIII B. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS 15.0. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan regresi Y =29,223 + 0,476 X. Dari hasil uji F (ANOVA) dan uji t diperoleh nilai sig. < a = 0.05 artinya ada pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar peserta didik melalui metode guided discovery learning. Dari perhitungan koefisien korelasi diperoleh R = 0,640, artinya derajat hubungan yang sedang antara pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (R2) = 0, 409, atinya sekitar 41 % variabel X (kemampuan pemahaman konsep matematika) mempengaruhi perubahan varibel Y (hasil belajar peserta didik melalui metode guided discovery learning), sedangkan sisanya 59 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2440 |
Actions (login required)
View Item |