AGENG, YETI (2015) PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MEDIA KANTONG NILAI MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS 4 MI TARBIYATUL AULAD DESA GUNUNGREJO LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
|
Text
8. BAB V BARU.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA baru.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di Indonesia terutama pada pelajaran matematika di Sekolah Dasar masih terdapat hambatan. Hal ini berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah MI Tarbiyatul Aulad. Bahwa masih ada siswa yang hasil belajarnya tidak memenuhi KKM. Dalam satu kelas prosentase siswa yang mendapatkan hasil belajar sesuai KKM hanya 80%. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran explicit instruction dengan menggunakan media dan juga untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran explicit instruction dengan media kantong nilai pada pokok bahasan penjumlahan bilangan bulat di kelas 4 MI Tarbiyatul Aulad Desa Gunungrejo Lamongan tahun pelajaran 2014 – 2015 subyek penilitian adalah guru dan peserta kelas 4 MI Tarbiyatul Aulad gunungrejo yang berjumlah 21 peserta didik. Instrument penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran ketika menerapkan model explicit instruction dengan menggunakan media kantong nilai pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas 4 MI Tarbiyatul Aulad Desa Gunungrejo adalah kategori sangat baik; 2. Hasil belajar peserta didik kelas 4 MI tarbiyatul Aulad Desa Gunungrejo yang diperoleh setelah diterapkan model explicit Instruction dengan media kantong nilai materi penjumlahan bilangan bulat adalah tuntas dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 95%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:19 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2451 |
Actions (login required)
View Item |