HAQIQI, UTSMAN (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTs TARBIYATUL AULAD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi, proses pembelajaran matematika sering kali masih terpusat pada guru, guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberi tugas tanpa menggunakan variasi mengajar. Hal ini membuat peserta didik merasa jenuh sehingga kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif sehingga dapat meningkatkan prestasi peserta didik yaitu model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih tinggi dari pada prestasi belajar peserta didik pada kelompok kontrol/pembanding yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII.Populasi penelitian ini adalah kelas VIIIA dan kelas VIIIB pada MTs Tarbiyatul Aulad Desa Wedani Kecamatan Cerme Tahun pelajaran 2014-2015, dan sampel penelitian sama dengan populasi penelitian sebanyak 60 peserta didik (dua kelas). Penetapan kelas yang menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan setelah uji homogenitas dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang dilakukan maka diperoleh = 2.13, =1,645 sehingga > , berarti Ho ditolak dan H1 diterima maka diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 02:20 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 02:20 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2470 |
Actions (login required)
View Item |