PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

IFTITAH, NURUL (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelajaran matematika di sekolah bersifat abstrak. Keberhasilan proses pembelajaran peserta didik juga dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya kualitas pengajaran. Oleh karena itu guru harus bisa menerapkan model atau metode pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair share) dengan Make a match pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair share) dan Make a match pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas Think pair share dan kelas VIII B sebagai kelas Make a match. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen penelitiannya lembar tes. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t dua sampel independen. Dari hasil analisa uji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas tersebut berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Berdasarkan uji-t dua sampel independen didapatkan bahwa nilai signifikan adalah 0,77 > 0,05, artinya tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair share) dan Make a match pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:23
Last Modified: 05 Aug 2019 03:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item