EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTUR BERTELEPON (TELEPHONE) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK ALJABAR PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VIII MTs. AL IBROHIMI

ROSYIDAH, JAMILATUL (2015) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTUR BERTELEPON (TELEPHONE) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK ALJABAR PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VIII MTs. AL IBROHIMI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII di MTs. Al Ibrohimi Manyar yaitu, pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih berpusat pada guru dan kurangnya fasilitas fisik seperti alat peraga terutama untuk memahamkan materi yang memuat konsep abstrak. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan ide sehingga pembelajaran terlihat membosankan. Oleh karena itu, perlu diterapkan sebuah model pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan yang mereka miliki dan dengan penggunaan alat peraga blok aljabar diharapkan konsep matematika yang abstrak dapat menjadi lebih konkrit. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan model kooperatif struktur bertelepon menggunakan blok aljabar pada materi operasi hitung aljabar. Sedangkan Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-F MTs.Al Ibrohimi Manyar Gresik tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah obsevasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dengan skor 85 (2) Aktivitas peserta didik yang aktif sebesar 55,16% (3) hasil belajar siswa tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif struktur bertelepon dengan alat peraga blok aljabar efektif diterapkan pada materi operasi hitung aljabar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:01
Last Modified: 05 Aug 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item