WASI, MUHAMMAD (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI TARBIYATUL BANIN CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
12 ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Di dalam dunia pendidikan, pendidikan matematika sangat berperan dalam kehidupan manusia karena dengan matematika seseorang dapat meningkatkan kemampuan bernalar, berfikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Namun dalam kenyataannya seperti yang diungkapkan oleh Maman dkk (2008) matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bahkan oleh sebagian pelajaran dianggap menakutkan. Pembelajaran konvensional yang sering diterapkan oleh guru membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh serta gairah belajar berkurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yakni terjadinya penurunan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran sebagai alternatif agar terjadi peningkatan terhadap hasil belajar adalah dengan Discovery Learning. Dengan pembelajaran tersebut, diharapkan peserta didik aktif dalam proses belajar dan materi yang disampaikan tertanam dalam ingatan mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Banin Cerme. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 13 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Guided Discovery Learning pada materi sifat-sifat dan jaring-jaring kubus dan balok meningkatkan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dengan siklus I ketuntasan mencapai 69,23% atau sebanyak 9 peserta didik dari 13 peserta didik terjadi peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan mencapai 84,61% atau sebanyak 11 peserta didik dari 13 peserta didik. Dimana indikator peningkatan hasil belajar secara klasikal mencapai ≥ 80%. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dengan metode Guided Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 09:41 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 09:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2500 |
Actions (login required)
View Item |