PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI POKOK LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN

Istiqomah, Nurul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DENGAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI POKOK LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 TURI LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I (hal 1-5)(1).pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II (hal 6-23)(1).pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB III (hal 24-35)(1).pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV (hal 36-49)(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB V (hal 50)(1).pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (hal 51-53)(1).pdf

Download (21kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Model pembelajaran ARIAS merupakan model pembelajarn yang terdiri dari 5 komponen yaitu assurance, relevance, interest, assessment dan satisfaction. Model pembelajaran ini adalah model pembelajaran terintegratif untuk menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 dan juga usaha untuk menanamkan rasa yakin dan percaya diri. Model pembelajaran dapat dioptimalkan penggunaannya dengan adanya ICT, salah satunya yaitu GeoGebra, karena GeoGebra bersifat dinamis sehingga dapat mempermudah pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, respon peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran ARIAS dengan media GeoGebra pada materi pokok lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 1 Turi Lamongan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan desain one shot case study. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negei 1 Turi Lamongan yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan, lembar tes ketuntasan hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada kategori aktif adalah tinggi, ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tuntas, dan respon peserta didik positif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:43
Last Modified: 05 Aug 2019 09:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item