JILMA, FIKI YATUL (2016) PENGARUH KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak 5.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah penggunaan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran hendaknya pendidik memperhatikan keaktifan peserta didik. Keaktifan dapat ditingkatkan dalam keterlibatan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan menggunakan metode Giving Questions and Getting Answers (GQGA). Metode ini digunakan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA dan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran menggunakan metode GQGA serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar matematika melalui metode GQGA kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme yang terdiri dari kelas VIIA-VIIE. Sampel penelitian yaitu kelas VII C yang dipilih secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar matematika Hasil analisis data, aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA yaitu sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran yaitu cukup. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa 46,7% keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar matematika melalui metode GQGA
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 12:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 12:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2528 |
Actions (login required)
View Item |