Karimah, Nisaul (2017) TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMP AL-ISHLAH BUNGAH GRESIK KELAS VIII TERHADAP KONSEP SEGIEMPAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSRTAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (584kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman peserta didik terhadap konsep berhubungan erat dalam mempelajari matematika karena hal ini merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diperlukan. Dikarenakan peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep segi empat maka peserta didik sering membuat kesalahan tentang menyelesaikan soal segiempat. Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan dalam memahami konsep yang dipelajari sehingga menjadi bentuk prosedur yang akurat, luwes, efisien, dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman peserta didik SMP AL-ISHLAH kelas VIII terhadap konsep segi empat Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Al-Ishlah Bungah Gresik yang berjumlah 20 peserta didik. Metode penengumpulan data adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep segiempat. Soal tes diuji cobakan di kelas lain terlebih dahulu sebelum digunakan. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa, pertama, kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal pemahaman konsep yang kurang sekali memenuhi indikator pemahaman konsep segiempat tergolong pada tingkat 0 (rendah sekali). Kedua, Kemampuan peserta didik dengan tingkat 1 (rendah) adalah peserta didik dalam mengerjakan soal pemahaman konsep yang kurang memenuhi indikator pemahaman konsep segiempat. Ketiga, kemampuan peserta didik pada tingkat 2 (cukup baik) adalah peserta didik yang memenuhi indikator dalam pemahaman konsep segiempat dengan cukup baik. Keempat, kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal pemahaman konsep yang dapat memenuhi indikator pemahaman konsep segiempat dengan baik tergolong tingkat 3 (baik). Kelima, kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal pemahaman konsep yang sangat baik dapat memenuhi indikator pemahaman konsep segiempat tergolong tingkat 4 (sangat baik).
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2533 |
Actions (login required)
View Item |