NASIKHAH, ICA (2017) PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK, INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs DI KECAMATAN MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (411kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
|
Text
18. BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematika sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan komunikasi matematika peserta didik dapat menyatakan ide-ide matematika dalam bentuk simbol, gambar, grafik, tabel dan model matematika. Para ahli menyatakan bahwa setiap individu memiliki delapan kecerdasan yang ada pada dirinya. Dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika, kecerdasan yang digunakan oleh peserta didik adalah kecerdasan linguistik, interpersonal dan intrapersonal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan linguistik, interpersonal dan intrapersonal terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VII MTs di Kecamatan Manyar, baik secara simultan (bersama-sama) ataupun secara parsial. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs di Kecamatan Manyar yang berjumlah 366 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah sampel sebanyak 191 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket multiple intelligence dan tes kemampuan komunikasi matematika. Hasil perhitungan regresi linier sederhana menunjukkan persamaan regresi untuk Y atas adalah dengan nilai sig. (P-Value) pada uji F yaitu 0,000 sehingga sig. < ( = 0,05). Persamaan regresi untuk Y atas adalah dengan nilai sig. (P-Value) pada uji F yaitu 0,004 sehingga sig. < ( = 0,05). Sedangkan persamaan regresi untuk Y atas adalah dengan nilai sig. (P-Value) pada uji F yaitu 0,000 sehingga sig. < ( = 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan secara parsial kecerdasan linguistik, interpersonal dan intrapersonal masing-masing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VII MTs di Kecamatan Manyar. Hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda . Dari hasil uji F didapatkan nilai nilai sig. (P-Value) yaitu 0.000, sehingga sig. < ( = 0,05), maka diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan kecerdasan linguistik, interpersonal dan intrapersonal bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VII MTs di Kecamatan Manyar
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 03:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2536 |
Actions (login required)
View Item |