CHOMAH, HESTI (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (516kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik, sehingga dibutuhkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih menarik. Untuk mengubah anggapan peserta didik, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih menarik salah satunya yaitu Quantum Teaching. Quantum Teaching adalah metode pembelajaran yang memadukan seni dan pencapaian tujuan yang terarah melalui interaksi kelas yang dinamis. Dengan adanya model pembelajaran model Quantum Teaching diharapkan situasi pembelajaran matematika yang menegangkan menjadi pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik lebih mudah mencapai kompetensi yang diharapkan. Selain itu, untuk dapat menarik perhatian peserta didik dan memudahkan untuk memahami dan menyelesaikan masalah Persamaan Garis Lurus guru juga dapat memanfaatkan program komputer Geogebra sebagai media pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model Quantum Teaching berbantuan Geogebra pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Kebomas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Kebomas tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari analisis data ini, diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik mencapai kriteria sangat baik dan untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas. Karena ketiga indicator memenuhi, maka pembelajaran model Quantum Teaching berbantuan Geogebra pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII SMP Negeri 1 Kebomas dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 03:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2537 |
Actions (login required)
View Item |