CHARMELITHA, PITRA NINDA (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
||
|
Text
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
LKS merupakan salah satu bahan ajar cetak yang digunakan guru untuk kegiatan belajar mengajar. LKS yang digunakan secara umum, berisikan materi pembelajaran, contoh soal dan soal latihan, yang soal-soal latihan tersebut hampir sama dengan contoh soal, sehingga peserta didik kurang aktif dalam menggunakan fungsi kognitifnya. Karakteristik dalam penggunaan fungsi kognitif disebut sebagai gaya kognitif, yang dibagi menjadi 2 yaitu Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Kedua gaya kognitif tersebut mempunyai ciri yang berbeda. Salah satunya adalah peserta didik yang bergaya kognitif FI lebih suka dengan pelajaran sains sedangkan peserta didik FD lebih suka pelajaran yang bermuatan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada materi aljabar untuk SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate tidak dilakukan karena terkendala waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah GEFT (Grup Emmbeded Figure Test) yang digunakan untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik dan angket penilaian LKS untuk dosen ahli dan guru matematika yang di gunakan untuk mengetahui aspek kevalidan LKS, serta soal tes uji kompetensi hasil belajar digunakan untuk mengetahui aspek keefektifan LKS. Hasil test GEFT di SMP NU 2 Gresik menunjukan bahwa peserta didik yang bergaya kognitif Field Dependent (FD) lebih dominan dibandingkan dengan perserta didik bergaya kognitif Field Independent (FI). LKS yang dikembangkan disesuaikan dengan ciri-ciri gaya kognitif Field Dependent (FD). Kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan LKS memenuhi kriteri B (Baik) dan juga aspek keefektifan LKS berkatagori baik, sehingga produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 03:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2539 |
Actions (login required)
View Item |