ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS VII MTS NEGERI GRESIK

MU’AWANAH, SITI (2017) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS VII MTS NEGERI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kompetensi penting dalam belajar matematika. Penguasaan terhadap banyak konsep di dalam matematika memungkinkan siswa mampu menemukan penyelesaian masalah dengan lebih baik. Konsep pecahan dan operasinya merupakan konsep yang sangat penting untuk dikuasai sebagai bekal untuk mempelajari bahan materi selanjutnya. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam menguasai sejumlah materi pelajaran, mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti, memberikan interprestasi data dan mampu mengaplikasi konsep yang sesuai dengan struktur kognitif yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara terperinci mengenai tingkat pemahaman konsep pecahan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri Gresik yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep pecahan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat pemahaman konsep siswa kelas VII-A MTs Negeri Gresik tergolong pada tingkat 2 atau termasuk dalam kategori baik sekali yakni dengan presentase sebesar 84,30% dengan rincian pemahaman siswa kelas VII-A yang tergolong dalam tingkat 1 atau kategori istimewa sebanyak 3 siswa (9,68%). Pemahaman siswa kelas VII-A yang tergolong dalam tingkat 2 atau kategori baik sekali sebanyak 22 siswa (70,97%). Pemahaman siswa kelas VII-A yang tergolong dalam tingkat 3 atau kategori baik sebanyak 4 siswa (12,90%). Pemahaman siswa kelas VII-A yang tergolong dalam tingkat 4 atau kategori kurang sebanyak 2 siswa (6,45%).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:01
Last Modified: 06 Aug 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item